SKENARIO PEMBELAJARAN
IPA
KELAS 5
A. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1. IPA : Perubahan wujud
2. Bahasa Indonesia : Kosa Kata Baku dan Tidak Baku
3. SBDP : Properti Tari
B. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik
2.Metode: mengamati
benda-benda di sekitar dan menggunakan benda-benda di sekitar sebagai bahan
contoh.
C. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media : gambaran
guru dan wadah minum
Alat/Bahan : Kertas dan tempat
minum
Sumber Belajar :Buku Siswa Kelas V Tema 1
“ Benda-benda disekitar
“. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa dan
Guru memberikan motivasi belajar siswa dengan
memberikan penjelasan “air
mentepati ruang’’ Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari.
|
5 menit
|
Kegiatan Inti
|
Guru menjelaskan tentang
fungsi air dan bagaimana air menempati ruang Siswa mengamati penjelasan guru tentang fungsi air
bagi kehidupan
Siswa berdiskusi tentang cara menjaga
agar air tetap terjaga..
|
40
menit
|
Kegiatan Penutup
|
Siswa membuat kesimpulan tentang cara menjaga
keutuhan air agar selalu tetap ad di bumi dan Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat airSiswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
|
15 menit
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar