Senin, 22 September 2014


SKENARIO PEMBELAJARAN
IPA
KELAS 5 


A. Materi Pembelajaran (Rincian dari Materi Pokok)
1. IPA        :   Perubahan wujud 
2. Bahasa Indonesia   :   Kosa Kata Baku dan Tidak Baku
3. SBDP     :   Properti Tari   
            
B. Metode Pembelajaran (Rincian dari Kegiatan Pembelajaran)
1. Pendekatan : Saintifik  
2.Metode:  mengamati benda-benda di sekitar dan menggunakan benda-benda di sekitar sebagai bahan contoh.
C. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Media :   gambaran guru dan wadah minum 
Alat/Bahan :   Kertas dan tempat minum
Sumber Belajar :Buku  Siswa Kelas V Tema 1 
“ Benda-benda disekitar
 “. Buku Tematik Terpadu  Kurikulum 2013, Jakarta :
 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan   
1. Siswa berdoa bersama dipimpin salah satu siswa dan 
    Guru memberikan motivasi belajar siswa dengan 
     memberikan penjelasan “air mentepati ruang’’ Guru menyampaikan tema dan sub tema yang akan dipelajari.
 5 menit
Kegiatan Inti
     Guru menjelaskan tentang fungsi air dan bagaimana air menempati ruang Siswa mengamati penjelasan guru tentang fungsi air bagi kehidupan
 Siswa berdiskusi tentang cara menjaga agar air tetap terjaga.
40 menit
Kegiatan Penutup
    Siswa membuat kesimpulan tentang cara menjaga keutuhan air agar selalu tetap ad di bumi dan Siswa membuat kesimpulan tentang manfaat airSiswa memimpin doa di akhir pembelajaran.
15 menit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar