A. Pemanfaatan
media dalam pembelajaran
Pengertian media adalah
perantara pesan dari pengirim ke
penerima pesan.
Kesalahan
komunikasi dalam pembelajaran bisa disebabkan karena kurang menguasainya guru
dalam bidang teknologi dan kurang mampunya seorang guru memanfaatkan aplikai
terbaru. Guru
sebagai komunikator kurang mampu dalam cara penyampaian pesan. Adanya perbedaan daya tangkap para
siswa sebagai komunikan. Jumlah siswa yang besar.
Fungsi media pembelajaran :
1.
Memperjelas
pesan agar tidak terlalu verbalis
2.
Mengatasi
keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga
3.
Menimbulkan
semangat belajar
4.
Siswa
lebih mandiri untuk belajar
.
Jenis-jenis
media pembelajaran
1.
Media Pemelajaran berupa Alat Peraga
Bangun datar
Luas daerah ndatar
Volum bangun ruang.
2.
Media Pembelajaran berupa Media Display
Charta /
Chart
Grafik
Poster.
3.
Media Pembelajaran berupa OHT (Overhead
Transparency)
Single transparency
Overlay transparency.
4.
Media Pembelajaran berupa Komputer
Komputer sebagai alat bantu
Komputer untuk multi media.
Persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan
pengajaran berbasis komputer:
a)
Perangkat keras dan lunak yang mahal dan
cepat ketinggalan jaman
b)
Teknologi yang sangat cepat berubah,
c)
Pembuatan program yang rumit serta dalam
pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya
B. Hasil
Diskusi Kelompok Kami
I. Kedudukan Media Sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran
Fungsi media pembelajaran :
a.
Menangkap suatu objek atau peristiwa tertentu
b.
Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu
c.
Kesempatan belajar yang lebi merata
d.
Pengajaran lebih berdasarkan ilmu
Manfaat media pembelajaran :
- Penyampaiannya akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
- Materinya akan lebih jelas sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa.
- Penyampainnya akan lebih bersifat langsung, mengajak siswa secara langsung untuk mengalami dan berinteraksi dengan sumber relajar
- Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan guru.
II. Ciri media
dalam pembelajaran :
- Ciri Fiksatif
Ciri ini menggambarkan
kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu
peristiwa atau obyek. suatu peristiwa atau obyek dapat diurut dan disusun
kembali dengan media seperti fotografi, video tape, disket komputer dan film.
Suatu obyek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera dapat dengan
mudah diproduksi kapan saja diperlukan.
- Ciri Manipulatif
Ciri manipulatif yaitu
dimana suatu kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan pada
siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time lapse recording.
- Ciri Distributif
Ciri distributif yaitu
suatu ciri dimana dimungkinkannya suatu objek ditransformasikan melalui ruang,
dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa
dengan stimulus pengalaman yang relatif lama mengenai kejadian ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar