Senin, 08 September 2014

ringkasan materi

A.   Pemanfaatan media dalam pembelajaran
Pengertian media adalah perantara  pesan dari pengirim ke penerima pesan.
Kesalahan komunikasi dalam pembelajaran bisa disebabkan karena kurang menguasainya guru dalam bidang teknologi dan kurang mampunya seorang guru memanfaatkan aplikai terbaru. Guru sebagai komunikator kurang mampu dalam cara penyampaian pesan. Adanya perbedaan daya tangkap para siswa sebagai komunikan. Jumlah siswa yang besar.
Fungsi media pembelajaran :
1.      Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalis
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, dan tenaga
3.      Menimbulkan semangat belajar
4.      Siswa lebih mandiri untuk belajar
.
Jenis-jenis media pembelajaran
1.      Media Pemelajaran berupa Alat Peraga
  Bangun datar
  Luas daerah ndatar
  Volum bangun ruang.
2.      Media Pembelajaran berupa Media Display
  Charta /  Chart
  Grafik
  Poster.
3.      Media Pembelajaran berupa OHT (Overhead Transparency)
  Single transparency
  Overlay transparency.
4.      Media Pembelajaran berupa Komputer
  Komputer sebagai alat bantu
  Komputer untuk multi media.

Persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan pengajaran berbasis komputer:
a)      Perangkat keras dan lunak yang mahal dan cepat ketinggalan jaman
b)      Teknologi yang sangat cepat berubah,
c)      Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya


B.   Hasil Diskusi Kelompok Kami
I. Kedudukan Media Sebagai Alat Komunikasi dalam Pembelajaran
Fungsi media pembelajaran :
a.         Menangkap suatu objek atau peristiwa tertentu
b.        Memanipulasi keadaan, peristiwa atau objek tertentu
c.         Kesempatan belajar yang lebi merata
d.        Pengajaran lebih berdasarkan ilmu
Manfaat media pembelajaran :

  1.       Penyampaiannya akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar.
  2.        Materinya akan lebih jelas sehingga dapat lebih dipahami oleh para siswa.
  3.       Penyampainnya akan lebih bersifat langsung, mengajak siswa secara langsung untuk mengalami dan berinteraksi dengan sumber relajar
  4.       Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan guru.

          II. Ciri media dalam pembelajaran :

  •      Ciri Fiksatif
Ciri ini menggambarkan kemampuan media merekam, menyimpan, melestarikan dan merekonstruksi suatu peristiwa atau obyek. suatu peristiwa atau obyek dapat diurut dan disusun kembali dengan media seperti fotografi, video tape, disket komputer dan film. Suatu obyek yang telah diambil gambarnya (direkam) dengan kamera dapat dengan mudah diproduksi kapan saja diperlukan.

  •      Ciri Manipulatif
Ciri manipulatif yaitu dimana suatu kejadian yang memakan waktu berhari-hari dapat disajikan pada siswa dalam waktu dua atau tiga menit dengan tehnik pengambilan gambar time lapse recording.

  •      Ciri Distributif
Ciri distributif yaitu suatu ciri dimana dimungkinkannya suatu objek ditransformasikan melalui ruang, dan secara bersamaan kejadian tersebut disajikan kepada sejumlah besar siswa dengan stimulus pengalaman yang relatif lama mengenai kejadian ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar